Varietas Kopi Arabica

Varietas kopi merujuk kepada subspesies kopi. Biji kopi dari dua tempat yang berbeda biasanya juga memiliki karakter yang berbeda, baik dari aroma (dari aroma jeruk sampai aroma tanah), kandungan kafeina, rasa dan tingkat keasaman. Ciri-ciri ini tergantung pada tempat tumbuhan kopi itu tumbuh, proses produksi dan perbedaan genetika subspesies kopi.

Sebagai penikmat kopi sebaiknya mengetahui beberapa varietas kopi. Hal ini akan menjadikan anda mempunyai nilai lebih. Dan hanya pandai menyuguhkan secangkir kopi namun juga dapat memahami seluk beluk kopi secara botani.

Namun dalam artikel ini hanya akan menguraikan 6 varietas yang terkenal di dunia, terutama kopi nusantara.

Setidaknya, ada lebih dari 25 varietas kopi populer yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ada pula yang mengatakan ada sekitar pukul 0 varietas. Contohnya Typica, Bourbon, Geisha, Catimor, Caturra, Robusta, untuk indonesia sendiri mempunyai varietas kopi arabika sigararuntang.

Selain mengetahui tentang jenis-jenis kopi yang ada di dunia, maka kamu juga harus mengetahui tentang varietas kopi yang ada di dunia. Setidaknya, ada lebih dari 25 varietas kopi populer yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tapi sebelum itu, apakah kamu sudah mengetahui perbedaan antara single origin kopi dan varietas kopi? Karena masih banyak orang yang keliru tentang perbedaan diantara keduanya.

Varietas adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan subspecies dari bibit kopi yang ditanam. Sedangkan single origin adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi asal daerah biji kopi tersebut ditanam.

Kali ini kopitem akan menjelaskan beberapa varietas kopi dari jenis kopi yang populer, yaitu Arabika, Robusta dan Liberika. Namun dalam artikel ini kami akan menguraikan tetang varietas arabika kopi, yakni:

1. Typica

Typica merupakan varietas kopi arabika tertua. Varietas Typica adalah biji kopi utama yang diambil dari Ethiopia dan dibawa ke Yaman.

Varietas inilah yang kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Typica merupakan varietas kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Namun varietas kopi ini dinyatakan punah karena serangan hama karat daun. Yang ada di Indonesia hanya tinggal turunannya saja.

Beberapa contoh turunan varietas ini adalah Javaa, San Ramon, Kona, villa lobos, dan masih banyak lagi.

N

Tinggalkan komentar