Jengki, Manfaat dan Cara Memasaknya Agar Tidak Bau

Jengkol dengan nama latin Archidendron Bijinya digemari kebanyakan masyarakat asia tenggara. Di Malaysia, Myanmar, Thailand, termasuk masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan lauk makan.
Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua.

Biji buah berkulit ari tipis dengan warna cokelat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Bagi para penggemar jengkol, masalah yang paling dihadapi adalah bau yang dihasilkan setelah selesai mengkonsumsi jengkol. Bukan hanya nafas aja bau, tapi toilet pun bakalan bau pesing sekali.
Pastinya bagi kita yang ingin sekali makan jengkol jadi enggan untuk makan, padahal lidah udah berliur ingin segera melahap.
Nah, setelah baca ini, kamu pastinya tidak akan takut lagi untuk makan jengkol. Karena kali ini mimin akan bagikan tips bagaimana cara membuat supaya jengkol tidak bau ketika dikonsumsi.
Cara berikut ini sangat mudah sekali untuk menghilangkan bau jengkol tanpa mengurangi rasa jengkol.

  1. Kupas kulit buah jengkol bagian luar
  2. Masukkan jengkol kedalam wadah lalu rendam dengan air
  3. Masukkan beberapa kantong teh celup
  4. Setelah 1 hari 1 malam, buang air lalu tiriskan
  5. Jengkol siap dikonsumsi tanpa bau pesing

Cara ini terbukti ampuh membuat kamu bebas dari bau jengkol dan tetap tidak mengurangi rasa nikmat jengkol yang akan dimasak.
Adapun manfaat jengkol adalah dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.


Terimakasih sudah membaca, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s