Manfaat Aloe Vera untuk Wajah Lebih Glowing

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Hingga penyebaran ke seluruh dunia, termasuk ke asia tenggara.

Sejak dahulu, tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan pada rambut dan kulit.

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi. Tanaman ini berasal dari daerah Mediterania, namun kini lidah buaya sudah banyak dikembangbiakkan di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta,[3] sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino.

Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.

Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.

Di India lidah buaya banyak dikonsumsi masyarakat sebagai makanan ringan harian dan sebagai kosmetik alami. Salah satu masalah rutin yang kerap menimpa manusia seperti komedo bisa diatasi oleh lidah buaya, caranya pun cukup sederhana hanya dengan mengupas lidah buaya dan ambil intinya yang berupa lendir tersebut.

Caranya dengan membasuhkan lendir lidah buaya ke area komedo. Lidah buaya berkhasiat menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain untuk penyembuhan, lidah buaya juga dapat memberikan kesegaran pada wajah.

Menurut dr. Alya Hananti dalam situs alodokter.com menuliskan manfaat lidah buaya bagi kesehatan kulit wajah, Berikut penjelasannya :

  1. Melembapkan kulit
    Apa pun jenis kulit kamu, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.
  2. Mempercepat penyembuhan luka
    Lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.
  3. Membantu menghaluskan permukaan kulit
    Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.
  4. Mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit
    Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

  1. Membantu meredakan radang dan gatal
    Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat antiradang dan antimikroba. Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.

Manfaat Lidah Buaya pada Berbagai Jenis Kulit Wajah
Jenis kulit wajah bermacam-macam, ada jenis kulit normal, kering, berminyak, dan sensitif. Masing-masing jenis kulit memiliki kebutuhan dan masalah yang berbeda, sehingga perlu dirawat dengan cara yang berbeda pula.

Berikut ini adalah berbagai cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit wajah berdasarkan jenis kulitnya:

  1. Kulit kering
    Orang dengan kulit kering wajib menggunakan pelembap sebagai bagian dari rangkaian perawatan wajah, untuk menghindari iritasi, gatal, perih, atau bahkan jerawat.

Gunakan gel lidah buaya ataupun pelembap dengan ekstrak lidah buaya setelah mencuci wajah. Spray wajah yang mengandung gel lidah buaya juga dapat digunakan di tengah hari atau ketika wajah terasa sangat kering.

Hindari penggunaan lidah buaya pada area yang sensitif, seperti mata dan bagian dalam mulut atau hidung.

  1. Kulit normal
    Kulit normal memang jarang bermasalah, namun tetap perlu dirawat untuk mencegah kekusaman dan penuaan dini, serta jerawat.

Gunakan gel lidah buaya sebagai pelembap. Masker dan serum wajah yang mengandung ekstrak lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat kulit normal, agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

  1. Kulit berminyak
    Produk dengan lidah buaya dapat kamu gunakan untuk mencegah timbulnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Hindari penggunaan produk lidah buaya dengan bahan pelembap lain yang mengandung lanolin atau minyak mineral, agar kulit tidak terasa semakin berminyak.

  1. Kulit sensitif
    Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk lidah buaya yang tidak mengandung parfum atau alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Kamu bisa menggunakan tabir surya yang dilengkapi ekstrak lidah buaya untuk mengatasi rasa perih dan panas pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

Lidah buaya juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka lecet atau luka bakar ringan serta bentol di wajah. Caranya, bersihkan wajah dengan sabun berbahan lembut dan air bersih, lalu oleskan gel lidah buaya pada wajah. Biarkan gel lidah buaya hingga mengering selama beberapa menit, lalu bilas.

Gel lidah buaya bisa dioleskan dua kali sehari, dan cobalah untuk memilih produk yang mengandung lidah buaya murni dengan konsentrasi tertinggi.

Namun perlu diingat, tidak semua orang cocok dengan lidah buaya. Jika muncul ruam kemerahan, gatal, atau perih pada kulit setelah diolesi lidah buaya, kemungkinan kamu mengalami iritasi atau alergi. Segera bilas dan hentikan penggunaan produk. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan dan saran penggunaan lidah buaya yang aman.

Daftar Pustaka :
Wikipedia.org
http://www.alodokter. com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s