Tentang Serut

Pohon serut atau Streblus asper menjadi salah satu favorit tanaman bonsai. Bonsai dari pohon serut banyak ditanam di taman-taman karena memiliki bentuk batang dan daun yang eksotis. Selain itu tumbuhan serut gampang dibentuk dan ‘bandel’ tumbuhnya. Selain sebagai tanaman hias dan bahan bonsai, serut yang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara ini dipercaya mempunya khasiat sebagai tanaman herbal hingga mistis.

Pohon serut dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Sandpaper Tree, Siamese Rough Bush, dan Toothbrush Tree. Nama latin tanaman hias yang termasuk dalam famili Moraceae (nangka-nangkaan) ini adalah Streblus asper Lour.

Pohon serut berukuran sedang dengan tinggai antara 4-15 meter. Kulit batang putih keabu-abuan. Daun serut berbentuk bulat telur, lonjong, dengan panjang antara 4 – 12 cm. Berwarna hijau dengan permukaan daun kasar, tepi daun bergerigi, ujung daun runcing, pangkal daun meruncing, dan tulang daun menyirip.

Merupakan pohon monoecious (berumah satu) di mana bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah namun masih dalam satu pohon. Bunga berwarna kehijauan-kuning dimana bunga jantan muncul di ketiak, kepala peduncled atau paku, sedangkan bunga betina tumbuh berkelompok. Buah berwarna kuning pucat, berbentuk bulat dengan diameter sekitar 8-10 milimeter.

Tumbuhan serut (Streblus asper Lour) tumbuh tersebar di kawasan Asia mulai dari Bhutan, Kamboja, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Nepal, Filipina, Sri Lanka, Thailand, Vietnam. Di Indonesia dapat dijumpai mulai di pulau Sumatera, Jawa, Madura, Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, dan Maluku. Habitatnya adalah semua jenis hutan di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dpl.

Di kalangan pencinta tanaman hias, pohon serut merupakan salah satu primadona. Tumbuhan dari famili Moraceae memiliki bentuk batang, percabangan, dan daun yang eksotis dan mudah dibentuk. Selain itu tanaman serut pun terkenal bandel dan mudah baik dalam penanaman maupun perawatan. Sehingga tidak mengherankan jika kemudian banyak dijual sebagai tanaman penghias taman dan bahan bonsai.

Di samping sebagai tanaman hias, serut pun ternyata memiliki berbagai kegunaan mulai dari tanaman herbal hingga tumbuhan mistis. Sejak ratusan tahun silam, di Thailand, kulit pohon ini menjadi ‘kertas’ berbagai teks kuno. Berbagai bagian serut juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kusta, diare, sakit gigi, demam, hingga kanker.


Dalam dunia mistis, pohon serut juga dikenal sebagai salah satu pohon bertuah. Konon pohon ini mempunyai aura dingin yang bermanfaat untuk menangkal santet atau teluh. Pun tidak sedikit dijumpai pohon serut berusia tua yang dianggap sebagai pohon angker dan dihuni makhluk ghaib oleh masyarakat sekitar.

Pohon serut tidak termasuk salah satu tumbuhan langka maupun tumbuhan yang dilindungi. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir pohon ini banyak diburu di alam bebas untuk diperdagangkan sebagai tanaman hias ataupun bahan bonsai.

Daftar Pustaka
alamendah.org
gramrix.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s