Satu Pohon Untuk Satu Manusia

Video ini saya dapat dari beranda facebook saudari saya. Menurut informasi aktivitas ini terjadi di tetangga kita, singapura.

Saya sempat miris, berdecak kagum dengan cara mereka memperlakukan pohon demikian syahdu, sangat epik. Menghiraukan kesantunan dalam menyikapi sangat baik terhadap alam.

Kalo ditempat kita caranya lebih bregundal. Urusanya tebang, sikat habis ga peduli pokoknya. Ditebang lebih praktis, ga ribet pake peralatan segala macam ini itu.

Konon katanya kita ramah terhadap setiap orang, selalu tersenyum dan menyapa ketika bertemu teman ada bahkan yang tak saling mengenal, namun mengapa kita tak ramah terhadap alam, misalnya merawat tanpa menebang, enggak usah banyak, satu pohon saja? Bisakah kita?

Untuk membesarkan satu pohon segini butuh waktu berpuluh-puluh tahun. Mereka lebih memilih memindahkan daripada asal menebang. Lebih memperdulikan tentang makna satu pohon untuk kelestarian alam.

Coba bayangkan, kita menebang habis, lalu menanam kembali? Butuh waktu lama tentunya. Belum lagi kalo bibit yang kita tanam mati, atau keinjak-injak orang, diseruduk mobil atau motor, bahkan orang yang iseng-iseng merusak bibit tanaman.

Inilah yang menjadikan cara pandang dan kesadaran tentang manfaat satu pohon untuk satu manusia. Bisakah kita meniru cara demikian itu tanpa rasa malu?

Kalo masalah biaya, abaikan itu. Bukankah alam telah memberikan segala untuk manusia. Namun kita sering lupa, menyepelekan manfaat pohon bagi manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s