Bolehkah Kita Menyiram Tanaman Pada Malam Hari

Menyiram tanaman dalam pot adalah sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh penggermar tanaman hias. Agar tanaman hias tidak mati, maka kewajiban ini harus dilakukan secara rutin.

Memelihara tanaman dan berkebun merupakan kegiatan yang dianggap bisa dilakukan oleh semua orang. Faktanya, tidak semua orang mengetahui teknik menanam tumbuhan yang benar. Salah satunya adalah waktu yang tepat untuk menyiram tanaman setiap hari, terutama di negara tropis seperti Indonesia.

Seorang botanis dari Inggris, Alastair Culham, PhD, menjelaskan bahwa temperatur dan kondisi luar ruangan yang terlalu panas bisa menjadi malapetaka pada tanaman kesayangan Anda.

Memang benar bahwa saat udara panas, tanaman membutuhkan lebih banyak air, tetapi sebaiknya jangan disiram saat siang hari ketika posisi matahari tengah terbit terang benderang.

“Pemikiran bahwa menyiram tanaman supaya daun-daun lebih segar saat musim panas tidak benar, justru daun bisa kering dan ini sudah dibuktikan semenjak 10 tahun lalu,” jelas Dr Culham.

Dia menambahkan bahwa menyiram tanaman di bawah terik matahari akan membuat air menguap sebelum menyerap masuk ke dalam tanah. Alhasil, tumbuhan dan tanaman Anda bisa kekurangan nutrisi.

Penjelasannya dikuatkan dengan argumen lain yang mengatakan, menyiram tanaman saat udara panas menyebabkan tumbuhan Anda kehilangan kelembapan karena terjadi penguapan.

Menyiram tanaman saat siang hari membuat tanaman cepat mati. Pasalnya, saat siang tanaman sedang mengalami tahap fotosintesis. Jadi, jika tiba-tiba disiram dengan air, bisa menyebabkan kondisi kaget pada tanaman Anda.

Menyiram saat malam hari, kata dia, merupakan waktu yang salah. Sebab, air membuat daun berada dalam kondisi berair dan lembap terlalu lama sehingga bisa menimbulkan jamur yang membuat tanaman mati.

Selain itu, menyiram malam hari memberikan sedikit waktu untuk tanaman menyerap air dan mengeringkannya.

Culham menyarankan bahwa waktu terbaik untuk menyiram tanaman saat musim panas adalah pagi dan sore hari ketika matahari sedang tidak terlalu panas.

“Tanaman pun akan memiliki waktu untuk penyerapan hingga ke akar,” imbuhnya.

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi hari, karena akan memberi tanaman waktu untuk mengering sebelum malam hari. Membiarkan udara diam di tanaman semalaman bisa melepaskan pertumbuhan jamur. Penyiraman saat tepat dan dengan menggunakan metode yang tepat akan membutuhkan tanaman Anda tetap sehat.

Jika memungkinkan, siram tanaman di pagi hari. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyiram tanaman karena cocok dengan siklus pertumbuhan tanaman. Tanaman siap untuk dikonsumsi di pagi hari, kompilasi matahari sudah terbit belum terlalu tinggi. Di siang hari, tanaman selamat disiram sebelum sinar matahari terasa terlalu panas. Tanaman yang terhidrasi akan lebih bisa bertahan dalam panas yang ekstrem.

Jika Anda menunggu sampai siang atau sore, kompilasi sedang sangat panas, udara bisa memperbaiki tanaman. Air panas karena menentang sinar matahari akan terlalu panas bagi batang dan daun yang rapuh, juga akan menimbulkan kerusakan pada tanaman tersebut.

Coba untuk menyiram tanaman sebelum jam 10 pagi. Ini untuk memastikan udara bisa terserap ke dalam tanah dan sedikit mengering sebelum sinar matahari terasa terlalu panas.

Jika pagi hari tidak memungkinkan, siram tanaman di sore hari. Penyiraman di pagi hari mungkin akan sulit dilakukan kompilasi ada hal lain yang juga harus dilakukan. Jika Anda tidak bisa menyiram di pagi hari, tunggu sampai sakit hari, saat sinar matahari sudah terasa tidak terlalu panas. Dengan begitu, tanaman tidak akan terbakar dan udara masih bisa diserap sebelum malam datang.

Jika Anda menunggu sampai siang hari, siram tanaman setelah jam 4 sore. Jika penyiraman dilakukan sebelum jam 4 sore, sinar matahari mungkin akan terlalu panas dan bisa membakar tanaman Anda.

Jika Anda harus menyiram di siang hari, lakukan hanya sesekali dan jangan buat selesai yang dilakukan setiap hari.

Jangan menyiram tanaman pada malam hari. Jika tanaman disiram pada malam hari, udara tidak akan menguap dan diam di daun dan batang tanaman. Tanpa bantuan matahari, tanahnya mungkin akan penuh dengan udara dan udara tidak akan terserap dengan baik. Hal ini merugikan tanaman karena akan mencegah pertumbuhan jamur di sekitar akar, batang dan daun.

Siram tanaman di malam hari hanya jika diperlukan, yaitu tanaman kompilasi Anda sangat membutuhkan udara dan Anda tidak bisa menunggu sampai pagi hari.

Jika Anda menyiram di malam hari, gunakan lebih sedikit agar tanah tidak penuh dengan udara.

Daftar pustaka

beritagar.id – gaya hidup kapa waktu terbaik menyiram tanaman

Bulelengkab.go.id cara-memilih waktu terbaik untuk menyiram tanaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s