Tillandsia Adalah Tanaman Udara

Dalam dunia tumbuhan dibagi dalam katagori media. Tanaman bermedia tanam tanah, media air, dan yang tak begitu dikenal yaitu tanaman media udara.

Tahukah kamu tentang “Tanaman udara? maksudnya apa ya? Nah, ternyata tanaman ini mampu hidup walau hanya tergantung di udara, tanpa pegangan atau media tumbuh. Nama tanaman ini adalah TILLANDSIA.

Tanaman tillandsia di alam asalnya tumbuh dengan berpegangan pada batang, cabang, hingga ranting-ranting tanaman lain yang tinggi. Ada juga yang hidup di bebatuan gurun. Ia bukan parasit yang merugikan pohon tetapi hanya berpegang saja.

Tanaman ini memang istimewa karena keunikan dan kelangkaannya. Ia termasuk dalam tanaman hias daun, keluarga nanas-nanasan atau Bromelia. Asalnya dari daerah hutan, gunung hingga gurun Amerika Tengan dan Selatan.

Tillandsia efek epifit dan tidak membutuhkan tanah, karena memiliki kemampuan menyerap udara dan nutrisi melalui daun. Nutrisi dikumpulkan dari udara (terdiri dari debu, daun membusuk dan bahan serangga), melalui struktur pada daun terdiri dari bulu-bulu halus yang diperlukan di daun jujur hingga pelepahnya yang disebut trikoma. Bulu-bulu halus yang diminum ini digunakan untuk membantu udara lembab yang mengandung udara sebagai sumber udara dan nutrisinya. Tanaman tilandsia tidak membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh.

Tillandsia memiliki akar yang digunakan sebagai jangkar untuk berpegang. Akarnya kuat untuk menempel jika bibitnya dilepas di batang pohon atau bebatuan. Namun demikian, bagian terkoyak yang lalu terhempas kemudia tergantung pada ranting. Tanaman tillandsia juga masih bisa hidup Tidak memiliki akar.

Tanaman hias ini sering dijadikan tanaman hias bahan. Dimasukkan secara berkelompok menjadi taman mini yang unik. Dapat ditanam di atas potongan kayu, batu, dibuat bahan untuk terarium hingga ditanam di atas kristal pun tanaman tillandsia ini mampu untuk hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s