Tumbuhan dikotil

Pada artikel sebelum ini, saya telah membahas mengenai tumbuhan monokotil. Kali ini saya akan membahas tumbuhan berbiji belah atau dikotil

Sebenarnya tumbuhan dikotil banyak terdapat dilingkungan sekitar. Seperti misalnya pohon mangga, rambutan, nangka, jeruk, apel dan masih banyak lagi contoh tumbuhan ini yang berada disekitar kita.

Salah satu ciri yang sangat mudah diketahui adalah tumbuhan dikotil bercabang banyak. Tidak seperti pohon kelapa yang hanya berbatang tunggal alias tidak bercabang atau seperti pohon bambu.

Tumbuhan dikotil berakar tunggang. Tidak seperti monokotil yang berakar serabut. Tumbuhan dikotil berkambium sedang monokotil batangnya beruas-ruas seperti tanaman tebu.

Dalam ilmu botani menyatakan bahwa dalam sistem taksonomi, tumbuhan dengan biji berkeping dua ini dimasukkan dalam kelompok takson kelas Magnoliopsida. Biasanya yang termasuk tumbuhan dikotil adalah jenis getah-getahan, kacang-kacangan, kapas-kapasan, jambu-jambuan dan terong-terongan. Sedang palem-paleman tidak termasuk dalam dikotil.

Sangat mudah bukan? Untuk mengetahui ciri-ciri tumbuhan dikotil sanga gampang dan membedakan dengan tumbuhan monokotil.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s