KARAKTERISTIK BONSAI

Bonsai merupakan wujud karya seni yang hidup. Miniatur pohon besar dari bentuk aslinya yang sudah berumur tua di alam bebas dan ditanam pada pot dangkal.

Yang perlu digaris bawahi adalah replika dari bentuk asli di alam. Namun ada sebagaian pembonsai yang tidak mengikuti bentuk asli alam. Seperti misalnya membentuk perantingan yang bulat-bulat menyerui bola.
Hal demikian terlihat kaku. Walau mungkin itu selera penghobi. Namun jika dibentuk bulat menyerupai bola, saya pun belum menemukan di alam yang berbentuk demikian.

Memang sah-sah saja. Namun keluar dari kaidah-kaidah dalam dunia perbonsaian. Nilai seni tersebut akan berkurang bila tidak disesuaikan dengan karakteristik bonsai. Suatu tanaman dapat disebut bonsai bila memenuhi syarat utama yaitu,

POHON YANG BERUSIA PANJANG,
Ciri tanaman yang dapat dijadikan bonsai harus bisa bertahan hidup lama. Tanaman bonsai memerlukan proses cukup lama untuk mendapatkan keindahan. Maka bonsai harus tumbuh lebih lama bahkan idealnya pohon yang dibonsai dapat berusia ratusan tahun. Pohon beringin salah satu contoh yang mampu berusia panjang, bahkan ratusan tahun.

Dalam hal ini banyak para penghobi yang keluar dari pakem. Seperti misalnya melakukan pembonsaian terhadap tanaman yang berusia pendek. Seperti misal membonsai pohon waru.

POHON YANG BERKAYU KERAS
Mencermati di banyak pelaku bonsai yang tidak memperhatikan ini. Mereka asal-asalan memilih pohon yang penting bisa dibonsai. Seperti misalnya membonsai pohon randu varigata, pohon waru, dll. Mungkin ini dilakukan tidak berkaidah pada seni bonsai, namun lebih pada orientasi ekonomi.

TAHAN DIBENTUK PAKSA
Beberapa teknik dilakukan untuk membentuk bonsai dengan tampilan terbaik. Mulai dari pemahatan, pengawatan, hingga pemangkasan. Kalau misalnya pohon waru tentu saja tidak bisa dipahat karena kayu lapuk dan merupakan tanaman tidak tahan terhadap paksaan dan biasanya akan mati.
Meskipun harus melalui syarat yang berat, tetapi tidak sedikit pohon yang bisa dijadikan bonsai. Jenisnya cukup beragam dengan keindahan masing-masing. Tanaman seperti asam kranji, cemara, dan pinus sangat cocok jika diambil tunggulnya.

Jika anda ingin mendapatkan bakalan dari proses penanaman biji, maka pilihlah sawo, jambu biji, dan delima. Bakalan bonsai cemara dan jambu biji juga dapat diperoleh dari sistem stek. Dan jenis tanaman yang paling sering dijadikan mame bonsai atau bonsai sangat mini adalah beringin.

POHON DIKOTIL
Tanaman berkeping dua atau dikotil bagus untuk dijadikan bonsai. Kelebihan tanaman dikotil adalah mampu beradaptasi di lahan sempit seperti pot. Selain itu batangnya berkambium dengan struktur kuat sehingga cocok dibonsai. Memang ada beberapa tanaman monokotil yang yang dikerdilkan seperti kelapa gading atau bambu. Namun tetap tidak disebut sebagai bonsai sejati.

BERDAUN LEBAT
Tumbuhan yang memiliki daun lebat biasanya tumbuh lebih lambat. Terlebih jika daun berbentuk kecil dan tidak mudah rontok, akan membantu proses pembentukan bonsai. Seperti contohnya tanaman jenis ficus, asam jawa atau tamarindus indica, serut, dan lain-lain.

BERBENTUK INDAN NAN ALAMI
Salah satu daya tarik bonsai yakni terbentuk indah secara alami. Baik bentuk akar, batang, daun, bunga, hingga buah. Dengan teknik pembentukan khusus maka tanaman nampak proporsional.

Para penggemar bonsai lebih menitik beratkan syarat bentuk daripada umur dan ukuran. Sebatang bonsai yang bentuknya indah dan unik akan lebih berharga dibanding bonsai tua dengan bentuk biasa. Bagaimana menurut anda? Apakah sudah berniat memiliki salah satu dari bonsai tersebut? Silahkan tentukan pilihan sesuai selera anda.

Nah, itulah tadi beberapa karakteristik bonsai yang selayknya kita ketahui terlebih dahalu sebelum menentukan dan membentuk sebuah karya seni bonsai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s