Jenis Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan Akar – Dengan Bahan Organik

Pupuk merupakan salah satu unsur penting dalam dunia bercocok tanam. Tanpa pupuk apalah arti tanaman. Ia akan tumbuh namun kurang menyenangkan bahkan tidak sesuai keinginan. Pun pupuk menjadi aktor penting dalam percepatan pertumbuhan akar. Logikanya tumbuhan tanpa akar tidak dapat menjalani pertumbuhan cabang, dahan, dan ranting.

Fungsi utama pupuk sendiri adalah untuk dapat memberikan unsur hara sebagai faktor penting pada setiap tanaman. Sebab tidak selamanya tanah atau media tanam yang dipakai dalam budidaya mampu menyediakan unsur hara bagi tanaman.

Melihat hal tersebut, maka tentunya pupuk memiliki fungsi yang vital dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman sebagaimana pada Cara Stek Bougenvile .

Terdapat dua jenis pupuk yang umum dipakai yakni pupuk kompos dan anorganik. Keduanya memiliki fungsi yang sama hanya saja pupuk anorganik memiliki efek residu dalam jangka panjang, dengan kata lain mempunyai dampak yang negatif bagi lingkungan jika digunakan secara rutin, seperti dampak dari rusaknya permukaan tanah yang mengeras.

Dalam pupuk organik tidak hanya dalam bentuk material padat. Namun bisa berkosentrasi cair. Berikut ini saya tuliskan pupuk organik cair.

PUPUK CAIR DARI AIR DEDAK, Dedak merupakan salah stau jenis limbah organik yang berasal dari kulit gabah yang terkelupas yang memiliki tekstur yang halus.

Secara umum dedak banyak dipakai sebagai sumber karbohidrat bagi pakan hewan ternak jenis unggas seperti ayam atau bebek. Namun air dedak dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman yang fungsinya dapat menumbuhkan organ akar.

Jenis pupuk yang dipakai adalah jenis pupuk yang cair, dengan metode dedak harus direndam kedalam air selama 1 minggu.

Untuk menghasilkan larutan dedak, maka perlu dilakukan penyaringan dan dibuang ampasnya. Air rendaman dedak inilah yang kemudian dapat dijadikan sebagai pupuk cair bagi tanaman.

Tujuan daripada penggunaan pupuk cair tidak lain adalah agar tanaman dapat lebih cepat menyerap kandungan konsentrat yang banyak terdapat dalam air dedak.

Kandungan vitamin B inilah yang fungsinya serupa dengan hormone rhizhokalin. Dimana tidak lain fungsi hormone rhizokalin adalah hormon yang berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman. Hormon ini membantu merangsang terbentuknya akar, baik akar primer maupun akar sekunder. Karena akar sendiri berfungsi sebagai penyerap zat hara atau air dari dalam tanah dan disalurkan ke seluruh organ pada tumbuhan.

Pemberian pupuk cair air dedak ini selain dapat menyuburkan tanah serta tidak memiliki dampak pencemaran pada lingkungan juga merupakan cara yang paling efektif untuk merangsan pembelahan sel meristematik secara terus menerus. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan akar dapat berlangsung dallam waktu yang lebih cepat.

Beberapa jenis tanaman hortikultura merupakan jenis tanaman yang cocok dirangsang pertumbuhan akarnya mengugunakan pupuk ir dari air dedak ini. Jenis tanaman tersebut diantaranya adalah tanaman buah yakni strawberry, cabe dalam pot, tanaman hias (Bunga mawar, melati, anggrek dan beberapa jenis tanaman berbungan lainnya, serta tanaman sayuran seperti selada, pakcoy, seledri dan beberapa jenis tanaman sayur daun lainnya.

PUPUK CAIR URIN KELINCI, Jika dibandingkan dengan hewan pemakan rumput lainnya, urin kelinci memiliki kadar Nitorgen yang tinggi karena kebiasaannya yang tidak pernah minum air dan hanya mengkonsumsi hijauan saja.

Credit pic : googling

Selain itu, kotoran kelinci mengandung unsur antiseptik yang mampu melawan bakteri pembusuk pada tanaman. Berbagai kelebihan ini pula yang membuat pupuk dari kotoran kelinci dihargai tinggi di pasaran.

Dari 10 ekor kelinci bisa diperoleh 2 liter urine per hari. Urine kelinci terbaik berasal dari air kencing kelinci berumur 6-8 bulan karena urinenya sudah terbukti mengandung paling banyak unsur N, P, dan K.

Mengumpulkan urine dan kotoran kelinci tidaklah sulit, cukup dengan meletakkan wadah di bawah kandang, tetes demi tetes air kencing kelinci dikumpulkan.

Urine kelinci dapat diaplikasikan ke tanaman secara langsung ataupun melalui proses fermentasi selama kurang lebih 2 minggu dengan dikombinasikan kotorannya.

PUPUK CAIR BAWANG MERAH, Pupuk ZPT dari bawang merah ini dapat Anda gunakan dalam tahap penyemaian bibit tanaman, ataupun dalam tahap penyetekan batang atau akar tanaman, ketika Anda ingin mencangkok, atau pada saat tahap pertumbuhan awal bibit tanaman kesayangan Anda.

Credit pic : googling

Namun layaknya obat perangsang atau suplemen yang dikonsumsi oleh manusia, pada tanaman pun berlaku perkataan “Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidak selalu baik”. Pemberian ZPT secara berlebihan pada tanaman akan berakibat pada tanaman yang tidak sehat dan bahkan bisa mengakhiri hidup tanaman tersebut dengan cepat pula. Jangan lupa bahwa pemberian ZPT juga harus diiringi dengan pemberian asupan air dengan kadar yang lebih tinggi bagi tanaman terkait! Sebab pertumbuhan tanaman yang dipaksa dalam jangka waktu lebih singkat akan berakibat pada meningkatnya kebutuhan tanaman tersebut terhadap air.

Siapkan bawang-bawang merah yang telah Anda pilih dengan cermat dan pastikan bahwa tidak ada yang memiliki busuk atau penyakit tumbuhan apapun dalam bawang merah yang akan anda gunakan;
Haluskan bawang-bawang merah Anda tersebut, dapat dengan blender ataupun food processor hingga bawang Anda telah menjadi bubur bawang merah yang halus. Apabila Anda tidak memiliki kedua alat penghalus makanan tersebut di rumah, maka ulekan merupakan alternatif lain yang dapat digunakan dengan hasil yang kurang lebih sama;
Tuangkan air ke dalam bubur bawang merah Anda dengan patokan takaran 1 liter untuk 10 bawang merah, lalu aduk hingga rata dan saringlah ampas-ampas tersebut ke mangkuk baru;
Apabila Anda masih ingin memanfaatkan ampas tersebut maka simpanlah. Pupuk ZPT cair dari bawang merah Anda telah siap untuk digunakan.

PUPUK CAIR DARI CUCIAN BERAS, Air cucian beras ternyata juga memiliki fungsi yakni dapat merangsang pertumbuhan akar. Tentuya air cucian beras sendiri sangat mudah anda dapatkan sebab sangat mudah ditemui dan bahkan kerap dijadikan sebagai limbah atau sampah yang dibuang begitu saja. Maka dari itu, setelah mengetahui hal ini maka tentu betapa bermanfaatnya air limbah organik yang satu ini.

Credit pic : googling

Air cucian beras sebelum digunakan sebagai pupuk haruslah dilakukan pengolahan terlebih dahulu, Hal ini adalah agar dapat menghasilkan pupuk cair organik cucian beras yang memiliki akndungan kalin yang besar. Kalin sendiri merupakan kelompok hormone rhizokalin yang juga fungsinya adalah untuk menumbuhkan orga akar pada tanaman.

Air cucian beras yang akan dipakai sebaiknya didiamkan dulu selama tiga hari. Lebih baik gunakan wadah yang tertutup, sebab jika memakai wadah terbuka bau yang ditimbulkan akan sedikit tidak sedap sehingga dapat menganggu lingkungan. Karenanya diamkan air cucian beras dalam wadah yang tertutup. Simpan ditempat yang sejuk dan tidak terpapar cahaya matahari.

Setelah tiga hari, maka akan dihasilakn endapan, sebelum digunakan terlebih dahulu harus dikocok agar endapannya dapat naik keatas. Selanjutnya pupuk air cucian beras ini dapat langsung disiramkan ketanaman yang baru ditanam.

Penting untuk diingat bahwa bagian terbaik yang mengandung hormone kalin paling tinggi adalah air cucian beras yang pertama sehingga direomendasikan untuk menggunakan air cucian beras yang pertama saja.

Berbeda dengan pupuk cair dari air dedak yang baik dalam merangsang pertumbuhan akar tanaman hortikulturan, pupuk cair dari air cucian beras ini lebih baik untuk digunakan dalam merangsang pertumbuhan akar pada tanaman perkembuhan. Seperti dapat digunakan untuk tunas tunas tanaman perkembunan yang akan ditumbuhkan menjadi bibit.

Beberapa jenis pupuk perangsang penumbuh akar diatas, merupakan jenis pupuk organik yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita serta juga cara pembuatannyapun sangat mudah.

Selain itu juga, penggunaan pupuk organik ini juga sangat baik bagi lingkungan sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan serta tetap dapat menjaga dan juga semakin menyuburkan tanah.npuk cair diatas adalah selain merangsang pertumbuhaan akar tanaman yang cepat akar akar semakain kokoh, juga tidak akan mematikan mikroorganisme yang ada di dalam tanah sehingga kelestarian lingkungan akan tetap terjaga.

Nah, itulah tadi Pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar – berasal dari bahan organik . menarik bukan ? semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s