Kembang Wijaya Kusuma Antara Mitologi dan Realita

Sumber gambar : sandekala.com

Dalam mitologi Jawa, tumbuhan ini dianggap pohon sakti dan dapat menghidupkan orang mati. Kalangan masyarakat Yogyakarta dan Surakarta, khususnya keraton, percaya bahwa seorang raja yang akan naik tahta haruslah memiliki bunga wijayakusuma sebagai syarat. Bunga ini juga dipercaya sebagai pusaka keraton Dwarawati titisan Wisnu sang pelestari Alam, Batara Kresna.

Wijayakusuma berasal dari dua kata, yakni wijaya dan kusuma. Dalam bahasa Jawa Kuno, wijaya berarti kemenangan/keberhasilan dan kusuma berarti bunga.

Kembang wijaya kusuma

Karena peranannya yang cukup signifikan dalam kebudayaan Jawa, bunga wijayakusuma menginspirasi banyak kesenian rupa, khususnya berkaitan dengan ornamen atau ragam hias. Ragam hias berbentuk kuncup bunga wijayakusuma seringkali dipakai untuk menghiasi pagar-pagar di Jawa, seperti kantor pemerintahan, Keraton, sekolah dll. Selain itu, terdapat batik bermotif bunga wijayakusuma, yang diangkat sebagai batik khas dari Cilacap.

Namun secara botani Wijayakusuma, merupakan tanaman jenis kaktus dengan nama latin Epiphyllum anguliger yang banyak tumbuh di daratan Papua dan Jawa ini termasuk tanaman kelas dicotiledoneae yang dapat hidup dengan daerah beriklim sedang hingga tropis.

Pasti banyak yang mengira bahwa tanaman ini berasal dari Indonesia, namun faktanya tanama ini sejatinya berasal dari Venezuela, Amerika Latin. Tanaman Wijayakusuma ini dibawa oleh pedagag-pedagang Tiongkok ke Indonesia pada masa kerajaan Majapahit kala itu.

Bunga yang populer dengan julukan Ratu malam ini termasuk golongan bunga besar, dengan ciri-ciri berwarna seperti gading dengan rona merah muda di sekitar tangkainya, dan terlihat sangat elegan saat mekar dengan bentuk seperti terompet.

Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau, berbentuk terkesan pipih, dan bagian ujung di sekitar daun terdapat lekukan kecil dan keras. Ukuran bunga ini sekitar 17 hingga 19 cm.

Bunga ini bukan termasuk kategori tanaman langka atau dilindungi, tapi yang membuat istimewanya adalah momen saat bunga wijayakusuma ini mekar yang hanya terjadi saat malam hari, bahkan dini hari.

Inilah yang menjadikan para penggemar fotografi berlomba-lomba untuk mendapatkan momen langka tersebut, hingga rela menunggu berjam-jam hanya ingin membuktikannya.

Saat mekar, bunga ini hanya mampu bertahan selama beberapa jam saja dan mengeluarkan bau yang sangat wangi, setelah itu tanaman ini akan layu.

Alasan bunga wijayakusuma ini hanya mekar pada malam hari adalah, bunga ini menyesuaikan suhu terdingin dari suhu alam dan mengeluarkan bau yang dapat menarik perhatian serangga malam.

Itu bertujuan agar serangga tertarik untuk hinggap di bunga ini, dan sekaligus membantu proses penyerbukan yang kelak akan tubuh buah dari tanaman ini.

Saking langkanya, bunga wijayakusuma ini pernah dimitoskan dalam kebudayaan Jawa sejak zaman kerajaan Majapahit. Seseorang dari kerajaan Majapahit mengatakan bahwasanya siapa saja yang berhasil mendapatkan setangkai bunga wijayakusuma dalam keadaaan mekar, maka akan mendapat keberuntungan hidup. Sejak zaman dahulu, bunga Wijayakusuma dipercaya menjadi bunga yang ampuh untuk mengobati segala penyakit.

Oleh karena termasuk golongan kaktus, tanaman wijayakusuma ini tidak tahan terhadap tanah yang cenderung basah atau diberi air secara rutin.

Meskipun begitu, tidak semua jenis tanaman ini bisa berbunga karena hal ini dipengaruhi oleh keadaan iklim, kesuburan tanah juga cara pemeliharaan Bunga Wijayakusuma hanya merekah dalam semalam, kecuali yang jenis hibrida bisa bertahan 2-3 hari. Pada umumnya tanaman jenis kaktus agak sulit ditentukan morfologinya, berbeda halnya dengan wijayakusuma.

Tanaman ini mudah diidentifikasi setelah berusia tua, kita dapat melihat mana daunnya, mana batangnya, dan bagian-bagian yang lain. Kenop bunga ini mulai terbuka setelah matahari terbenam, dan mekar sempurna mulai pukul 22:00 wib.

Lukisan Crayon untuk anak. Sangat cocok di pasang di dinding kamar anak utk merangsang kreativitas anak. Harga 25.000 lain ongkir. Bisa hubungi admin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s