Kemuning

Kemuning mempunyai nama latin Murraya paniculata merupakan tumbuhan yang sangat mudah di rawat. Kemuning termasuk tumbuhan yang tidak rewel, gampang tumbuh dan rajin berbunga.

Untuk media tanam tidak merepotkan. Ia hanya membutuhkan sekam atau tanah pasir biasa pun bisa tumbuh dan berbunga.

Adapun Metode tanam kemuning bisa dilakukan dengan cara steak, cangkok maupun biji. Jika kita menanan melalui biji, pada usia satu bulan, ia sudah rajin berbunga sedari dini.

Kemuning merupakan tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Daunnya seperti daun jeruk, cuma berukuran lebih kecil, sering digunakan sebagai tumbuhan hias atau tumbuhan pagar.

Bunganya harum semerbak lebih tajam dari bunga melati maun kenanga. Setelah berbunga kemuning akan berbuahnya hjau kemudian beralih menjadi warna merah sampai oranye jika sudah matang.

Lukisan Crayon untuk anak. Sangat cocok di pasang di dinding kamar anak utk merangsang kreativitas anak. Harga 30.000 lain ongkir. Bisa hubungi admin

Di masyarakat minangkabau kemuning merupakan salah satu tumbuhan yang ditanam di halaman Rumah Gadang di Minangkabau, dengan istilah Pasambahan Rumah Gadang, diungkapkan bahwa kamuniang untuak pautan kudo yang artinya kemuning untuk pautan kuda.

Masyarakat Minangkabau secara tradisional menggunakan akar kemuning untuk tangkai pisau atau ladiang (golok). Urat kemuning warnanya bagus dan kayunya liat, sehingga tidak mudah pecah jika digunakan. Kayu kemuning juga bisa digunakan untuk sempoa, tangkai kuas dan juga untuk tongkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s